Analisis Respons Masyarakat Terkait Kelalaian Yang Terjadi Saat Menggunakan Jasa Ekspedisi
Keywords:
Ekspedisi, Kendala, Kepuasan, Pengiriman.Abstract
Jasa ekspedisi adalah jasa yang menyediakan layanan pengiriman barang. Kebutuhan masyrakat akan jasa tersebut semakin meningkat seiring dengan kebiasaan masyarakat dalam berbelanja online (online shopping). Meskipun begitu pada kenyataannya masih ada beberapa kendala dalam proses pengirimannya. Kendala yang berupa keterlambatan waktu pengiriman, rusaknya barang, hingga hilangnya barang konsumen. Dengan demikian, kepuasan pelanggan seharusnya menjadi tolak ukur utama dalam keberlangsungan suatu perusahaan ekspedisi. Untuk itu, diperlukan suatu analisis terhadap respon masyarakat terkait dengan kendala-kendala yang terjadi dalam menggunakan jasa ekspedisi. Dalam analisis ini menggunakan jenis metode penelitian kuantitatif. Dengan menggunakan tabel yang berisi data persentase tingkatan kepuasan masyarakat terhadap jasa ekspedisi. Dari hasil penelitian tersebut didapati kepuasan dari pelayanan jasa ekspedisi bukanlah hal yang amat sangat buruk, meskipun terdapat beberapa faktor yang menyebabkan turunnya penilaian masyarakat terhadap pelayanan jasa ekspedisi.