KAMPANYE PASS THE PADS DALAM MENINGKATKAN KEPEDULIAN TERHADAP ISU PERIOD POVERTY

Authors

  • Selvia Nuralita Dewi UPN Veteran Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.29303/4t585t10

Abstract

Kampanye Pass the Pads merupakan bentuk gerakan sosial yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa terhadap isu period poverty atau kemiskinan menstruasi, yaitu kondisi ketika perempuan tidak memiliki akses memadai terhadap produk kebersihan menstruasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kampanye “donate your pads” yang dilakukan oleh organisasi Pass the Pads dengan menggunakan model dua belas tahap perencanaan kampanye dari Anne Gregory. Metode yang digunakan adalah studi kasus deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kampanye ini telah melalui tahapan perencanaan seperti penetapan tujuan, segmentasi publik, penyusunan pesan yang edukatif dan persuasif, serta pemilihan media komunikasi yang sesuai khususnya Instagram. Evaluasi internal juga dilakukan secara berkala guna meningkatkana efektivitas kampanye. Kampanye ini tidak hanya bertujuan membentuk kesadaran, tetapi juga mendorong perubahan perilaku mahasiswa dalam mendukung akses terhadap produk kebersihan menstruasi. Penelitian ini merekomendasikan agar strategi kampanye diperkuat dengan evaluasi menyeluruh dan pengukuraan dampak terhadap perilaku publik.

Downloads

Published

2025-06-30