POLA KOMUNIKASI BINMAS POLRESTA MATARAM DALAM MENJALANKAN MANAJEMEN KEGIATAN "SAFARI KAML TIBMAS" DI WILAYAH KOTA MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.29303/hcx48j80Keywords:
Pola Komunikasi, CSR (Corporate Social Respnsibility) , Kualitatif DeskriptifAbstract
Penelitian ini menyelidiki pola komunikasi seperti apa yang digunakan oleh Binmas Polresta Mataram dalam pelaksanaan program Safari kamtibnas yaitu program yang bertujuan untuk mendekatkan diri kepada masyarakat dengan mendengar dan membantu permasalahan yang ada di lingkungan mereka. Teori yang diujicobakan pada penelitian ini adalah teori CSR (Corporate Social Responsibility) dengan menerapkan tiga prinsip CSR yaitu (1) Sustainability (keberlanjutan), (2) Accountability (akuntabilitas), dan (3) Transparancy (transparansi). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dimana penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan kata-kata atau kalimat dari individu, buku, atau sumber lain. Kesimpulan penelitian ini menyatakan Pola Komunikasi Binmas Polresta Mataram Dalam Menjalankan Manajemen Kegiatan Safari Kamtibmas untuk Masyarakat Kota Mataram, khususnya masyarakat Perumas Tanjung karang Permai menggunakan Pola Komunikasi Linear dan Pola Komunikasi Sirkular. Pelaksanaan program ini dibentuk dalam model forum group discussion dimana setiap pihak yang terlibat dapat menyampaikan pesan dan umpan balik pada saat kegiatan berlangsung.
