PENGARUH DIGITAL MARKETING SHOPEE TERHADAP MINAT BELI UMKM PUTERI RINJANI
DOI:
https://doi.org/10.29303/tpnnj421Keywords:
Digital Marketing, Shopee, Minat BeliAbstract
Saat ini, cara yang populer adalah memasarkan produk melalui E-Commerce / platform pasar daring, seperti Tokopedia, Shopee dan platform mapan lainnya. E-commerce dijadikan solusi sebagai media jual beli yang dapat menghemat waktu dan biaya. Hal ini memudahkan bisnis untuk menjangkau konsumen di berbagai wilayah dan juga dapat mepengaruhi minat beli konsumen. Penelitiaan yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing shopee terhadap minat beli UMKM Puteri Rinjani. Penelitian ini berjenis kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini diambil dari individu-individu yang telah melakukan pembelian pada e-commerce Shopee UMKM Puteri Rinjani selama periode Agustus 2024 hingga Januari 2025 sejumlah 288 orang. Sedangkan responden dalam penelitian ini ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dengan rumus slovin sehingga diperoleh sampel sejumlah 167 orang. Objek penelitian berfokus pada digital marketing dan minat beli. Teknik pengumplan data menggunakan metode wawancara dan survei dengan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji normalitas, uji linieritas, uji regresi linier sederhana (uji hipotesis), dan koefisien determinasi. Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan digital marketing yang efektif melalui platform e-commerce seperti Shopee memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen. Elemen digital marketing yang memiliki peranan penting dan berpengaruh tinggi terhadap minat beli konsumen adalah kemudahan transaksi (cost/transaction) dengan persentase 25,16% sedangkan elemen yang memiliki kontribusi terendah adalah Interactive dengan persentase 24,86%.
