Strategi Komunikasi Pemasaran pada Perusahaan Depo Jaya Bangunan Mataram Lombok
Abstract
Penelitian ini berjudul Strategi Komunikasi Pemasaran pada Perusahaan Depo Jaya Bangunan Mataram Lombok.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Depo Jaya Bangunan dan kendala yang dihadapi dalam penerapan komunikasi pemasaran. Kajian teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah komunikasi, unsur-unsur komunikasi, tujuan komunikasi, strategi komunikasi, komunikasi korporasi, komunikasi pemasaran, elemen komunikasi pemasaran, komunikasi pemasaran terpadu, strategi komunikasi pemasaran terpadu. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 5 dari 6 elemen komunikasi pemasaran yang dijalankan oleh Depo Jaya Bangunan dalam aktivitas pemasarannya. Kendala yang dihadapi oleh Depo Jaya Bangunan dalam pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran ialah pandemi Covid-19 yang menyebabkan beberapa program/event tidak terlaksana dan distribusi informasi penjualan dan aktivitas promosi lain yang terbatas kepada khalayak.