ANALISIS MEDIA MONITORING TERHADAP PRODUK SEPATU ADIDAS BALI PADA BULAN MARET HINGGA APRIL 2024

Authors

  • Alyssa Rasheedah Universitas Padjadjaran
  • Hanny Hafiar Universitas Padjadjaran
  • Centurion Chandratama Priyatna Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.29303/0jc15t90

Keywords:

Brand24, Adidas, AdidasBali, MediaMonitoring

Abstract

Adidas merupakan salah satu merek olahraga yang berasal dari Jerman. Produk Adidas sendiri telah dikenal cukup lama karena menawarkan berbagai kebutuhan olahraga dengan desain yang mengikuti selera konsumen. Pada era digital seperti saat ini, mendorong perlu adanya media monitoring sebagai bentuk usaha pelacakan dan pemantauan merek dan produk di berbagai media.Perusahaan membutuhkan kegiatan media monitoring dalam pembentukan citra, posisi perusahaan, dan mengukur perhatian media kepada perusahaan. Penelitian ini bertujuan menganalisis serta membandingkan sentimen terhadap produk Adidas Bali pada media sosial dan media berita. Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan diskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode netnografi yang melalui tools Brand24, yang mengumpulkan data berbasis segmentasi media sosial dan media berita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media berita berperan sebagai saluran publikasi yang netral dan positif untuk menginformasikan masyarakat tentang produk terbaru Adidas. Meskipun media berita menyebutkan produk tersebut tidak sebanyak media sosial, namun media berita memiliki jangkauan yang lebih luas. Media sosial berperan sebagai platform bagi masyarakat untuk menyampaikan pendapat mereka tentang produk Adidas, sehingga terjadi beragam sentimen. Namun, jangkauan akun di media sosial yang menyampaikan pendapatnya lebih terbatas daripada media berita, karena hanya terbatas pada para pengikut akun tersebut.

Downloads

Published

2024-06-29