AKTIVITAS MEDIA RELATIONS DINAS PARIWISATA LOMBOK BARAT (STUDI DESKRIPTIF STRATEGI RELASI MEDIA HUMAS DINAS PARIWISATA LOMBOPK BARAT DALAM MENJALIN HUBUNGAN DENGAN JURNALIS LOKAL)
DOI:
https://doi.org/10.29303/qs478p71Keywords:
Media Relation, Relasi, Publikasi, StrategiAbstract
Di era yang serba digital ini, semua lini kehidupan membutuhkan pemberitaan dan informasi tanpa terkecuali pemerintah, dalam konteks ini Dinas Pariwisata Lombok Barat. Untuk mendapatkan citra positif dan pemberitaan, Dinas Pariwisata Lombok Barat memberikan perhatian khusus kepada bagaimana menyampaikan informasi kepada publik secara luas melalui media massa. Penyebaran informasi melalui media massa memerlukan hubungan atau relasi yang kuat antara pihak Dinas Pariwisata Lombok Barat dan jurnalis. Adanya proses interaksi dan publikasi yang dilakukan disebut juga aktivitas media relations. Penelitian ini mencoba untuk mengungkap bagaimana strategi Dinas Pariwisata Lombok Barat menjalin hubungan dengan jurnalis lokal. Adapun hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa strategi Dinas Pariwisata Lombok Barat dalam menjalin hubungan dengan jurnalis lokal adalah dengan menerapkan model media relations yakni press agentry, public information, dan two-way symmetric. Setelah hubungan yang kuat dengan jurnalis terbentuk, Dinas Pariwisata Lombok Barat kemudian melibatkan jurnalis lokal dalam serangkaian aktivitas media relations sehingga mendapatkan pemberitaan yang optimal. Adapun aktivitas media relations yang sudah dilakukan Dinas Pariwisata Lombok Barat dalam rangka mengoptimalkan publikasi adalah konferensi pers, press release, press reception, dan event invitation.