STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS PLAYGROUND HAPPY FAMILY (PT. HAPPY KIDNESIA SINERGI) DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN PADA MASA PEMULIHAN PANDEMI COVID-19

Authors

  • Alfin Abdillah Unram
  • Dian Lestari Miharja Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram
  • Hartin Nur Khusnia Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram

Keywords:

Strategi Komunikasi Bisnis, Peningkatan jumlah pengunjung

Abstract

Pada tahun 2019 dunia dilanda pandemi Covid-19 termasuk Indonesia, Salah satu sektor yang berdampak adalah pada sektor perekonomian, termasuk pada penurunan jumlah pengunjung Playground Happy Family yang cukup signifikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana strategi komunikasi bisnis Playground Happy Family (PT. Happy Kidnesia Sinergi) dalam meningkatkan kunjungan pada masa pemulihan pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil dan pembahasan, Menunjukkan bahwa strategi komunikasi bisnis dari unsur komunikasi dalam penelitian ini peneliti mengelompokkan menjadi dua kategori yaitu (1) Komunikasi internal, Komunikasi Manajer dan karyawan dengan memberi kebebasan karyawan untuk berpendapat, berinovasi dan saling bertukar pikiran serta memberi pengarahan pada karyawan (Coaching); Memberikan reward untuk mengapresiasi kinerja karyawan baik dalam bentuk ucapan dan bonus insentif (mencapai target), supaya karyawan semangat dalam bekerja dan memberikan kontribusi terbaik bagiperusahaan. (2) Komunikasi eksternal upaya mengajak calon konsumen agar tertarik untukdatang ke Playground Happy Family dengan melakukan promosi ke sekol ah Taman kanak-kanak menggunakan pendekatan persuasif kepada murid, guru, dan orang tua, serta promosi melalui media sosial Insragram “happyfamily”, media online website https://happyfamilygroup.com/ dan Promosi melalui pusat informasi Lombok Epicentrum Mall.

Kata Kunci: Strategi Komunikasi Bisnis, Peningkatan jumlah pengunjung

 

Downloads

Published

2023-04-05