Analisis Strategi Komunikasi Visual Dalam Iklan Pocari Sweat Bintang SMA 2019

Authors

  • Nada Adilah Anas Universitas Ahmad Dahlan
  • Nada Adilah Anas Universitas Ahmad Dahlan
  • Sabri Sabri Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.29303/mbk6jp26

Abstract

Tahun 2019, Pocari Sweat meluncurkan iklan dengan format anime dengan judul “Pocari Sweat Bintang SMA” untuk mempromosikan program bintang SMA, yaitu ajang pencarian bakat murid SMA di Indonesia. Dengan membawa animasi sebagai media populer iklan Pocari Sweat Bintang SMA ini menarik perhatian dengan komunikasi visual yang ikonik, namun dengan unsur lokal. Dari analisa yang peneliti lakukan, banyak tanda-tanda komunikasi visual yang terdapat pada iklan Pocari Sweat ini. Penggunaan gaya animasi dan karakter dari anime, serta latar belakang perusahaan yang bertempat di Jepang menjadikan iklan tersebut memiliki perbedaan pada nilai budaya dan pemaknaannya dibanding iklan animasi lainnya. Iklan dirancang dengan tujuan mengajak masyarakat berpartisipasi dalam ajang pencarian bakat untuk menjadi bintang iklan Pocari Sweat selanjutnya. Metode pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika Ferdinand De Saussure. Jenis penelitian ini merupakan analisis isi (content analysis) dalam iklan Pocari Sweat Bintang SMA 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis makna dari tanda dan petanda yang terdapat dalam iklan Pocari Sweat Bintang SMA. Peneliti juga berharap dengan adanya penelitian ini dapat membuat audiens memahami makna yang terdapat dalam iklan. Dari analisis yang dilakukan peneliti, Iklan ini mengandung ajakan untuk mengikuti kompetisi Bintang SMA yang diadakan Pocari Sweat. Ditandai dengan dua siswa SMA di Indonesia yaitu Ayu dan Reza yang tinggal dilingkungan yang berbeda dan juga karakter yang berbeda. Namun mereka berjuang bersama untuk meraih mimpi mereka dengan mengikuti program Bintang SMA.

Downloads

Published

2022-12-30